Home » SASARAN DAN TARGET CAPAIAN

SASARAN DAN TARGET CAPAIAN


SASARAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH :

  1. KeahlianSDM lembaga sosial keagamaan dan lembaga ekonomi Islam pada instansi dan institusi sosial.

  2. Kompetensi dalam pengkajian dan pengintegrasian manajemen lembaga sosial keagamaan dan lembaga ekonomi Islam dalam merespon pembangunan.

  3. Profesionalitas pemberdayaaan lembaga sosial keagamaan dan lembaga ekonomi Islam berwawasan lingkungan.

  4. Keahlian melakukan layanan stakeholders dalam bidang lembaga sosial keagamaan dan lembaga ekonomi Islam sesuai kebutuhan masyarakat global.

Untuk mencapai sasaran tersebut, strategi yang diterapkan adalah sebagai berikut :

PRIORITAS PROGRAM

  1. Peningkatan mutu proses pembelajaran dengan melakukan :

  2. Peningkatan ethos kerja dan disiplin para dosen dan tenaga administrasi kependidikan.

  3. Peningkatan kualitas pembelajaran Mata Kuliah yang bermuatan praktik (ketrampilan) dengan menjalin kerjasama kelembagaan, penyediaan sarana praktikum, dan peningkatan anggaran.

  4. Peningkatan ketrampilan mengajar para dosen berbasis Teknologi Informasi.

  5. Evaluasi dan re-design kurikulum Program Studi secara periodik

  6. Mengoptimalkan upaya pengadaan sarana perpustakaan dan buku-buku literatur yang mendukung mata kuliah Program Studi.

  7. Peningkatan peringkat akreditasi Program Studi dan pengembangan program studi

  8. Optimalisasi fungsi lembaga kemahasiswaan intra Program Studi sebagai wahana pendidikan kepemimpinan dan perwujudan soft skill

  9. Intensifikasi kegiatan sosialisasi Program Studi dengan melakukan re-design kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama kelembagaan secara berkelanjutan.

  10. Membangun semangat pengembangan keilmuan melalui kegiatan pengkajian dan penelitian.

PROGRAM PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN

  1. Pembukaan konsentrasi baruprogram studi :

  2. Konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Islam

  3. Konsentrasi Manajemen Lembaga Sosial Islam

  4. Konsentrasi Lembaga Training Pengembangan SDM

  5. Pengembangan Laboratorium Program Studi Manajemen Dakwah :

  6. Laboratorium BMT/Koperasi Syari’ah

  7. Laboratorium Manajemen Haji dan Umroh

  8. Laboratorium Manajemen Event Organizer (EO)

  9. Membangun Networking kelembagaan antaraProgram Studi / Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasidan Ilmu Komunikasi dan lembaga-lembaga pemerintah, LSM dan lembaga Swasta (Lokal, Nasional dan Global).

  10. Mewujudkan Jurnal Program Studi yang terakreditasi sebagai sarana publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa.



STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM

Tahap I ( 2015 – 2020 )

  1. Merespon regulasi sistem Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terutama alih status IAIN menjadi UIN Raden Intan Lampung

  2. Merencanakan peningkatan tenaga dan layanan administratif dan Akademik Program Studi Manajemen Dakwah

  3. Merencanakan perubahan kurikulum berbasis KKNI (SKPI)

  4. Merencanakan publikasi penelitian dosen Manajemen Dakwah yang di akui nasional

  5. Merencanakan penerbitan jurnal Program Studi Manajemen Dakwah

  6. Merencanakan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis riset dan terpublikasi

  7. Merencanakan studi kelayakan untuk pembukaan konsentrasi baru Manajemen Wisata Rohani Haji dan Umroh

  8. Melaksanakan pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi

  9. Mengoptimalkanforum ilmiah lembaga kemahasiswaan (UKM)

Tahap II ( 2021- 2025)

  1. Meningkatkan Kualitas SDM dosen Program Studi Manajemen Dakwah melalui studi lanjut sesuai dengan kebutuhan bidang keahlian, Workshop, Semiloka, dan Pelatihan tenaga kependidikan

  2. Melaksanakan Kurikulum berbasis KKNI (SKPI)

  3. Meningkatkan tenaga dan layanan administratif dan Akademik Program Studi Manajemen Dakwah

  4. Meningkatkan publikasi penelitian dosen Manajemen Dakwah yang di akui nasional

  5. Meningkatkan penerbitan jurnal Program Studi Manajemen Dakwah

  6. Meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis riset dan terpublikasi

  7. Penguatan konsentrasi baru Program Studi Manajemen Dakwah

  8. Mengembangkan pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi

  9. Mengembangkansarana dan prasarana Laboratorium Program Studi Manajemen Dakwah

  10. Meningkatkan jalinan kerjasama antar lembaga sosial keagamaan dan lembaga ekonomi Islam

Tahun III ( 2026 – 2030 )

  1. Tercapainya Kualitas SDM Program Studi Manajemen Dakwahdengan jumlah dosen yang bergelar Doktor

  2. Mengoptimalkan fungsi Laboratorium Program Studi Manajemen Dakwah

  3. Mengoptimalkan Kerjasama antar lembaga sosial keagamaan dan lembaga ekonomi Islam

  4. mengoptimalkan kurikulum berbasis KKNI Program Studi Manajemen Dakwah

  5. Tercapainya kebutuhan Tenaga Pengajar di Program Studi Manajemen Dakwah

  6. Tercapainya sarana dan prasarana pembelajaran berbasis multimedia

  7. Menjadi rujukan Program Studi yang unggul di Sumatera.

Tahun IV ( 2031 – 2035 )

  1. Mengirim dosen Program Studi Manajemen Dakwah sebagai narasumber diberbagai kegiatan nasional dan internasional

  2. Membentuk Satuan Kerja (Satker) Pengkajian dan Penelitian di bidang Manajemen Dakwah

  3. Melaksanakan pembelajaran dengan e-learning

  4. Penguatan dan pemantapan dalam bidang pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat

  5. Menjadi Program Studi yang unggul sebagai rujukan nasional.